Positif Hamil ? Ini Langkah Awal Yang Bisa Anda Lakukan

Kehadiran seorang buah hati merupakan salah satu anugrah yang patut disyukuri oleh pasangan yang sudah berumah tangga, pada saat pertama kali melihat tanda positif kehamilan keduanya akan diliputi perasaan bahagia bercampur dengan perasaan lainnya seperti terkejut, antusias, dan lain-lain, tapi naiknya tingkat emosi ini merupakan hal yang normal dikarenakan ada perubahan hormon yang terjadi pada tubuh.

Makanan Untuk Ibu Hamil

Berikut ini ada beberapa yang bisa Anda lakukan setelah mengetahui bahwa Anda atau pasangan Anda positif hamil :

Kenali Larangan Ibu Hamil

Ada berbagai macam larangan untuk ibu hamil, terutama jika usia kehamilan masih tergolong muda, yaitu pada trimester pertama, contohnya seperti jangan terlalu melakukan pekerjaan yang membuat cepat lelah, atau jangan memakai sepatu hak tinggi karena akan membuat bagian betis dan pinggang cepat kram, dan larangan-larangan lainnya.

Selain itu ada pula pantangan berupa makanan dan minuman yang dapat membahayakan janin seperti minuman berkafein, minuman beralkohol, dan susu yang belum di pasteurisasi, selain itu hindari juga polusi udara yang kurang sehat seperti asap rokok dan lain-lain.

Perhatikan Kesehatan Anda dan Bayi di Dalam Kandungan

Kondisi kesehatan ibu akan sangat berpengaruh pada bayi yang sedang di kandungnya, karena itu untuk menjaga kondisi bayi maka pertama-tama kondisi ibu harus sehat terlebih dahulu. Si ibu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan santai sekitar 30 menit perhari. Selain itu pastikan Anda mendapatkan Nutrisi Untuk Ibu Hamil Yang cukup seperti B9 Atau yang lebih dikenal dengan asam folat, asam folat sendiri dapat ditemukan pada buah-buahan dan sayuran hijau, atau bisa juga dengan mengonsumsi suplemen dari dokter, fungsi dari asam folat adalah untuk membantu perkembangan fungsi otak dan saraf tulang belakang. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan berbagai macam hal, seperti meningkatnya stres hingga resiko bayi terlahir cacat.

Pilih Dokter

Jika usia kandungan sudah menginjak usia 2 bulan tidak ada salahnya untuk mulai mencari informasi ke dokter ataupun bidan, sebaiknya pilih bidan atau dokter yang sesuai dengan kebutuhan dan selain itu mudah dijangkau.

Ada berbagai macam hal yang bisa dilakukan jika sudah melakukan konsultasi ke dokter, yang pasti perawatan kehamilan Anda akan lebih baik dibandingkan jika hanya membaca-baca melalui internet.

Pulihkan diri dari morning sickness

Morning sickness atau yang lebih dikenal dengan rasa mual bahkan muntah selama masa kehamilan biasanya terjadi pada usia trimester awal. Hal ini biasa terjadi pada pagi hari, walaupun tidak menutup kemungkinan terjadi pada jam-jam lainnya. Untuk mengatasi hal ini makanlah dalam porsi yang sedikit namun sering, atau makan makanan yang tidak membuat mual seperti roti tawar, beberapa Makanan Untuk Ibu Hamil seperti buah-buahan juga dapat mengatasi rasa mual ini. Tapi jika kondisi mual dan muntah membuat Anda tidak bernafsu untuk makan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, karena akan berakibat pada kondisi janin nantinya.

 Tanggal Melahirkan

Sebaiknya setelah mengetahui bahwa Anda positif hamil hitunglah tangga melahirkan, hal ini akan berguna nantinya untuk memantau perkembangan janin di dalam kandungan, selain itu Anda akan lebih siap jika nanti waktunya akan tiba.

Seiring bertambahnya usia kehamilan maka tubuh juga akan banyak mengalami perubahan, hal ini juga merupakan hal yang wajar, karena tubuh beradaptasi dengan kebutuhan janin, contoh perubahan yang terjadi seperti payudara yang semakin besar, munculnya jerawat, rambut menebal dan lain-lain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*