Meski Murah, Barang Ini Bisa Merubah Tampilan Rumah Jadi Menarik

Interior Rumah

Desain interior rumah adalah salah satu elemen penting untuk menciptakan hunian yang nyaman dan menyenangkan. Ada beragam jenis gaya desain interior rumah dan yang paling populer saat ini adalah desain minimalis. Desain interior rumah minimalis menerapkan prinsip ”Less is More”, mengeliminasi segala aspek yang tidak penting dan menekankan pada esensi dari keberadaan material – material yang digunakan. Untuk menciptakan desain interior rumah yang menarik dan elegan tidak selalu dibutuhkan biaya mahal. Menerapkan prinsip desain interior rumah minimalis, kamu dapat memanfaatkan material-material murah yang dapat disulap menjadi interior rumah yang tampak indah untuk ditampilkan.

Interior Rumah

Membangun interior rumah tidak hanya menuntut biaya namun juga kreativitas. Tanpa biaya yang bombastis sekalipun, kamu bisa memiliki interior rumah cantik dengan beberapa material murah yang bisa merubah tampilan interior rumah secara menyeluruh. Apa saja material untuk tersebut? Simak pembahasannya dibawah ini!

  • Kayu Lapis

Kayu lapis dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah plywood, sebutan yang lebih umumnya di Indonesia, tripleks, adalah beberapa lembar kayu tipis (lebih dari tiga) yang ditempelkan bersamaan hingga mendapatkan ketebalan tertentu. Sekilas, kayu lapis tampak tidak indah dan sangat tidak cocok digunakan sebagai material interior rumah. Kayu lapis pada awalnya diciptakan sebagai solusi dari kayu solid yang mudah retak dan pecah akibat penyusutan. Selain itu, ukuran lebar dan panjangnya melampaui kayu solid sehingga bisa diaplikasikan untuk interior rumah. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, kayu lapis bisa dijadikan interior rumah yang menarik, seperti kabinet gantung, anak tangga, lemari, atau pelapis dinding interior rumah. Kayu lapis dibanderol dengan harga relatif murah, ditambah daya tahan dari penyusutan dan kekuatannya sehingga tidak mudah retak menjadi pertimbangan untuk menggunakan material kayu lapis sebagai interior rumah. Perlu diingat, kayu lapis tidak cocok untuk diaplikasikan di luar ruangan (outdoor), tapi cocok untuk interior rumah dijual murah di area Surabaya. Ini karena daya serap yang tinggi membuat kayu lapis gampang menyerap air dan akan mudah lapuk apabila digunakan di luar ruangan.

  • Batako

Batako cukup populer di Indonesia saat ini. Batako adalah salah satu material bahan bangunan murah yang mudah diperoleh. Terbuat dari campuran pasir, semen, dan kericak, material batako memiliki bobot yang lebih ringan dan kuat seperti beton bahkan sebutan dalam dunia teknik dari batako adalah bataton. Batako memiliki keunggulan dibanding batu bata, antara lain bobot yang sepertiga lebih ringan, kemampuan meredam suara yang lebih baik, tidak menyerap air sehingga mencegah kebocoran, lebih ramah lingkungan dan ekonomis, serta pengaplikasian yang empat kali lebih cepat di lapangan apabila dibandingkan dengan batu bata.

  • Ubin Akustik

Mari berkenalan dengan ubin akustik. Material ubin akustik memang tidak sepopuler material-material lainnya, namun material ini memiliki manfaat bagi kamu yang tidak suka kebisingan. Ubin akustik diaplikasikan untuk memaksimalkan kualitas suara yang dihasilkan dan mengurangi transmisi suara kebisingan yang tidak diinginkan. Ubin akustik cenderung diaplikasikan pada ruangan studio musik atau studio rekaman karena kelebihannya ini. Ubin Beberapa jenis ubin akustik antara lain ubin akustik grid yang bisa ditempelkan pada langit-langit atau dinding.

  • Pipa Tembaga

Jika kamu sering berkunjung ke restoran atau coffee shop yang kekinian, kamu pasti sering menemukan dekorasi memanfaatkan pipa tembaga. Dibanderol dengan harga murah (meskipun tidak semurah pipa pvc), tidak hanya berfungsi sebagai saluran air di rumah, ternyata pipa tembaga bisa diaplikasikan untuk interior rumah kamu. Pipa tembaga dengan warna alaminya yang tampak seperti besi tua berkarat namun mengkilap, memberikan tampilan estetika untuk interior rumah. Pipa tembaga dapat dimodifikasi menjadi kaki-kaki kursi, meja, rak buku, pengganjal kabinet gantung (karena pipa tembaga merupakan material yang cukup kuat), manajemen kabel, bahkan gantungan lampu.

  • Kayu Gabus

Kulit pohon ternyata memiliki banyak manfaat. Mengeksploitasi kulit pohon juga tidak perlu menebang pohonnya, pohon masih hidup dengan normal dan menumbuhkan kembali kulitnya. Salah satunya adalah kulit pohon Ek. Gabus adalah lapisan terluar dari kulit pohon ek yang banyak dikenal di sebagai material interior rumah yang bisa mengisolasi panas sehingga suhu dalam ruangan rumah terasa lebih sejuk dan sangat cocok untuk diaplikasikan di wilayah tropis seperti Indonesia. Di Indonesia sendiri material kayu gabus malah sangat jarang diaplikasikan sebagai interior rumah.

  • Peg Board

Material yang satu ini sering digunakan untuk workshop dan bengkel. Peg board terkenal akan fleksibilitasnya sebagai tempat mengorganisasikan barang-barang dengan ruang yang dapat disesuaikan kebutuhan. Membuat peg board cukup sederhana, menggunakan material kayu lapis dengan tingkat ketebalan tinggi atau memanfaatkan kayu gabus juga bisa. Peg board tampak cantik untuk dinding interior rumah kamu, apalagi jika rumah kamu memiliki ruang terbatas dan kamu membutuhkan ekstra ruang penyimpanan, peg board akan memberikan fungsi kabinet dan interior rumah yang cantik di saat bersamaan

Itulah beberapa barang dengan harga yang sangat murah yang bisa merubah penampilan interior rumah menjdai lebih menarik dan unik. Ciptakan kreatifitasmu sendiri untuk menemukan gaya rumah impianmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*