Ingin Menyewa Tukang Taman Jakarta? Ajukan 9 Pertanyaan Ini!

Tukang Taman Jakarta Sejasa

Memiliki taman di sebuah rumah adalah salah satu keuntungan bagi penghuninya. Selain mempercantik tampilan rumah, taman juga dapat menjadi tempat melepas kepenatan setelah beraktivitas di luar. Apabila Anda tinggal di kota metropolitan seperti Jakarta, tentu Anda bisa merasakannya. Bersantai di taman sepulang bekerja akan membuat Anda berenergi kembali. Namun, Anda tidak selalu memiliki waktu untuk merawat taman. Padahal, taman Anda perlu dilakukan perawatan rutin. Oleh karena itu, Anda membutuhkan jasa tukang taman jakarta. Namun sebelum menyewa jasanya, ajukanlah 9 pertanyaan berikut ini terlebih dahulu.

Tukang Taman Jakarta Sejasa

1.    Menanyakan Detail Kemampuan Tukang Taman

Ketika bertemu dengan tukang taman, tanyakanlah hal apa saja yang bisa mereka lakukan. Hal ini akan membantu Anda menilai apakah tukang taman Jakarta ini memenuhi kualifikasi. Mengetahui kualifikasi tukang taman juga penting, apalagi Anda menginginkan desain taman yang rumit. Tanyakanlah apakah tukang taman tersebut memiliki bukti pelatihan tertentu. Bukti tersebut dapat menjadi tanda bahwa tukang taman memiliki pengalaman yang cukup.

2.    Bertanya ke Orang yang Pernah Menyewa Tukang Taman

Apabila lahan untuk taman Anda memerlukan perawatan khusus, Anda harus selektif memilih tukang taman. Bertanyalah pada orang-orang yang pernah menyewa jasa tukang taman tersebut. Apakah pekerjaan tukang taman sesuai ekspetasi mereka? Apakah tukang taman profesional? Bila perlu, lihatlah taman yang pernah dirawat sang tukang taman.

3. Apakah Tukang Taman Mampu Mengurus Taman Secara Berkelanjutan?

Ketika bertemu tukang taman, tanyakanlah apakah mereka dapat mengurus taman Anda secara terus-menerus. Sebagai pemilik taman, tentu Anda harus memastikan taman Anda tetap terawat. Selain itu, pertanyaan ini akan membuat Anda mengetahui cara tukang kebun mengurus rumput liar, hama, serta pupuk tanaman.

4. Apakah Tukang Taman Dapat Menata Taman Agar Mudah Menyerap Air?

Beberapa dari Anda mungkin berencana membuat taman atau mengatur ulang taman Anda. Untuk itu, tanyakanlah apakah tukang taman dapat menata taman agar mudah menyerap air. Penataan taman ini akan membuat rumah menjadi ramah lingkungan. Selain itu, udara dan air akan lebih mudah menyerap ke tanah. Berbeda dengan tanah yang sudah diaspal. Tanah ini membuat air sulit menyerap.

5. Bisakah Tukang Taman Menanam Sayuran?

Taman Anda tidak harus selalu terdiri atas tanaman hias. Apabila suka, Anda juga bisa menanam sayuran di taman Anda. Tampilan taman Anda juga akan lebih berwarna dengan kombinasi sayuran di dalamnya. Oleh karena itu, cobalah bertanya ke tukang taman apakah mereka bisa menyerap sayuran.

6. Berapa Biaya Jasa Tukang Taman?

Biaya merupakan salah satu unsur penting dalam segala hal, termasuk jasa tukang taman. Oleh karena itu, tanyakanlah juga biaya yang dipatok tukang taman di Jakarta. Ada tukang taman yang menghitung biaya berdasarkan luas taman. Satu meter dikenakan biaya sekitar Rp 250.000. Namun, biaya ini juga tergantung pada tingkat kerumitan pekerjaan yang harus mereka lakukan.

7. Apakah Tukang Taman Menyediakan Rincian Daftar Layanan Jasa?

Sebagai konsumen, Anda harus kritis terhadap biaya yang dikenakan penyedia jasa. Terkadang, ada tukang taman yang memasang harga murah untuk menarik konsumen. Padahal, setelah disewa, akan ada biaya-biaya tambahan yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, tanyakanlah rincian biaya pada tukang taman. Bila sudah mengetahui rinciannya, Anda akan mudah mengalokasikan budget untuk taman Anda.

8. Tanyakan Estimasi Waktu Pengerjaannya

Selain rincian biaya, hal lain yang perlu ditanyakan ke tukang taman ialah estimasi waktu pengerjaan. Tukang taman yang sudah berpengalaman biasanya mematok harga yang lebih mahal. Namun, waktu pengerjaannya akan cenderung lebih cepat. Selain itu, ada juga tukang taman yang menawarkan jasa per jam.

9. Memberi Tahu Tukang Taman Apabila Ada Area Taman yang Ingin Diurus Sendiri

Apabila ada lahan taman yang ingin Anda urus, beritahukanlah pada tukang taman Anda. Dengan begitu, ia akan menyisakan lahan kosong. Selain mengasah keahlian berkebun, Anda juga dapat menghemat pengeluaran Anda. Hal ini juga bisa dilakukan apabila ada tanaman yang tidak bisa Anda percayakan ke orang lain.

Sumber: http://www.networx.com/article/10-questions-to-ask-a-gardener-before-hi

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*